PSBB membuatmu gak bisa kemana-mana? Kerja dari rumah jadi jarang pakai mobil? Hati-hati apabila tidak diimbangi dengan perawatan yang baik, mobil akan cepat rusak. Alih-alih ingin menggunakan mobil untuk waktu yang lama dan menghemat waktu, justru bisa tekor pengeluaran karena lupa dirawat selama PSBB. Nah, penasaran bagaimana cara merawat mobil selama PSBB ini? Yuk simak tipsnya..
Punya mobil memang gampang-gampang-susah. Gampangnya adalah ketika dalam perjalanan, penampilan akan tetap terjaga dari situasi yang ada diluar mobil (hujan, panas, dan sebagainya). Tak hanya itu, mobil juga membuat penumpangnya lebih nyaman ketika bisa bepergian bersama-sama dengan keluarga ke tempat wisata ataupun ke lokasi yang dituju. Sayangnya, mobil yang tidak dirawat dengan baik akan menyulitkan pemiliknya. Misalnya tiba-tiba mogok ataupun tidak seimbang karena lupa mengukur tekanan angin ban. Jadi, perawatan mobil haruslah dilakukan agar risiko bepergian dengan mobil dapat dikendalikan.
Masa PSBB ini juga makin menyulitkan para pengguna mobil untuk servis ke dealer karena adanya pandemi corona. Langkah yang dapat diambil adalah dengan melakukan perawatan mandiri agar mobil tetap awet dan dalam kondisi yang prima. Berikut adalah tips bagaimana merawat mobil selama #Dirumahaja [1]:
1. Cek kondisi pelumas dan cairan lainnya
Tahapan ini cukup mudah kalian lakukan karena bisa dilakukan secara mandiri. Mulailah periksa pelumas mesin menggunakan dipstick. Pastikan memeriksanya saat mobil berada di permukaan yang datar agar mempermudah kalian. Setelah itu, periksa cairanlainnya seperti cadangan air radiator, air wiper, dan minyak rem. Sekiranya ada cairan yang kurang, bisa tambahkan hingga batas normalnya.


2. Cek kondisi kabel di ruang mesin
Pengecekan berikutnya ada pada kondisi kabel. Mobil yang tidak terawat lebih besar risikonya pada kondisi kabel. Bisa jadi ada hama tikus yang tinggal di ruang mesin dan menggigit kabel. Pada tahap ini kita lakukan inspeksi mandiri agar tidak ada hal yang aneh pada kondisi kabel. Cobalah mengendus, apabila ada bau tidak sedap kemungkinan sudah ditinggali binatang atau justru terjadi kerusakan. Agar sirkulasi udara pada saat memeriksa kabel tetap terjaga dan aman, pastikan aliran udara terbuka (pintu atau jendela). Bisa juga membersihkan mobil di bagian depan rumah agar aliran segar mengalir pada mobil sambil dipanaskan.
3. Cek kondisi kolong mesin
Mobil yang tidak dipakai selama PSBB seharusnya tidak membuang banyak cairan di kolong mesin. Apabila ternyata ada cairan di kolong, coba periksa darimana cairan itu berasal. Bisa jadi ada kebocoran atau area yang basah. Tips untuk mencari area cairan berasal adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu agar kering. Kemudian lihat apakah basah kembali. Kalau basah, berarti area itulah penyebab cairan ini bocor ke kolong mesin.


4. Tambahkan air aki
Bagi pemilik mobil dengan aki kering, bisa abaikan tahapan yang satu ini. Bagi kalian pengguna aki basah, lakukan pengecekan apakah ada cairan aki yang kurang dari batas normal. Juga periksa apakah ada pengapuran (putih-putih) pada area penutup aki. Bila ada pengapuran, lepas terminal aki dari akinya agar menghindari konsleting listrik. Lalu basuh dengan air panas ke area terminal aki tersebut.
5. Periksa tekanan angin ban
Mobil yang terlalu lama diparkir tentu akan mempengaruhi tekanan angin ban. Kalian bisa melihat secara langsung pada kondisi ban yang biasanya tidak berbentuk bundar. Kondisi tekanan ini baiknya segera diatasi karena apabila dibiarkan akan membuat mobil tidak seimbang ketika dikendarai. Tidak punya alat pengisi tekanan angin? Tenang, saat ini sudah banyak dijual portable electric compressor sehingga kalian bisa mengisinya secara mandiri. Makin modern, makin praktis ya?


6. Periksa panel indikator di dalam kabin
Mobil saat ini memiliki panel indikator yang terletak pada spidometer. Nyalakan mobil untuk memeriksa apakah ada masalah atau tidak. Hal ini dapat dilihat dari panel yang menyala apabila ada masalah pada mobil. Selain itu, suara mobil juga dapat memberikan isyarat mesin masih sehat atau ada gangguan pada mobil.
7. Cek kondisi asap knalpot
Kondisi mesin juga dapat dilihat dari pembuangannya yaitu pada asap knalpot. Seharusnya asap knalpot yang sehat adalah tidak bewarna [2]. Apabila bewarna putih tipis menandakan bahwa proses pembakaran dan aliran pembuangan masih cukup bersih. Tetapi apabila sudah pekat ataupun bewarna lain, cobalah untuk melakukan servis di diler terdekat.


Nah, ada kabar baik bagi kalian pelanggan setia dari Mitsubishi. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan memanjakan Mitsubishi Family semuanya agar tidak perlu keluar rumah. Pihak mekanik dari diler Mitsubishi akan datang ke rumahmu dengan protokol kesehatan agar kamu tetap aman dan merawat mobil agar tetap oke. Layanan ini dinamakan Home Service dengan memberikan light maintenance atau servis ringan (kelipatan 10.000 km) tanpa adanya keluhan pada kendaraan Mitsubishi Motors[3]. Inovasi ini ditujukan demi kemudahan layanan perawatan mobil untuk pelanggan selama #DiRumahAja.

Kemudahan layanan service Mitsubishi lainnya ada pada layanan Vehicle Pick Up yang akan menjemput kendaraan pelanggan untuk diservis di diler. Untuk menggunakan layanan ini, kalian bisa untuk menghubungi diler Mitsubishi Motors terdekat dari lokasi kalian. Jadi kalian tinggal terima beres dari rumah dan kendaraan yang selesai diservis diantar ke rumah kalian lagi. Keren banget, kan?
Kalau pelanggan merasa tidak cocok dengan pelayanan sebelumnya, PT MMKSI juga tetap menyediakan servis kendaraan dengan mekanisme biasanya yaitu datang ke diler terdekat. Namun, agar kalian tetap aman dan nyaman disarankan memakai layanan service booking di aplikasi My Mitsubishi Motors ID. Selain melalui aplikasi, layanan booking juga bisa dilakukan dengan menghubungi diler terdekat. Ini praktis banget sih, jadi kalian bisa nemenin kendaraan kalian diservis dan sudah pasti dilayani karena sudah ada jadwalnya.
Tapi mobilku gak rusak, jadi bisa cepet dong servisnya?
Tenang. Kalau tidak ada keluhan dan hanya servis ringan dapat menggunakan layanan Mitsubishi Quick Pit (MQP). Layanan ini ditujukan untuk perawatan berkala dengan dikerjakan mekanik andalan dari Mitsubishi dalam posisi tidak ada keluhan tentang kendaraannya.
Kabar gembira berikutnya adalah tentang masa berlaku garansi. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memberikan perhatian lebih kepada pelanggannya dengan adanya perpanjangan masa garansi [4]. Perpanjangan ini diberikan kepada pelanggan yang memiliki masa berlaku garansi yang berakhir di tanggal 13 Maret hingga 31 Mei 2020. Jadi konsumen tetap bisa menikmati masa garansi setelah PSBB selesai atau kembali normal. Namun apabila ingin cepat ditangani, bisa memanfaatkan layanan yang sudah aku sebutkan sebelumnya ya.
Tenang. Kalau tidak ada keluhan dan hanya servis ringan dapat menggunakan layanan Mitsubishi Quick Pit (MQP). Layanan ini ditujukan untuk perawatan berkala dengan dikerjakan mekanik andalan dari Mitsubishi dalam posisi tidak ada keluhan tentang kendaraannya.
Kabar gembira berikutnya adalah tentang masa berlaku garansi. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memberikan perhatian lebih kepada pelanggannya dengan adanya perpanjangan masa garansi [4]. Perpanjangan ini diberikan kepada pelanggan yang memiliki masa berlaku garansi yang berakhir di tanggal 13 Maret hingga 31 Mei 2020. Jadi konsumen tetap bisa menikmati masa garansi setelah PSBB selesai atau kembali normal. Namun apabila ingin cepat ditangani, bisa memanfaatkan layanan yang sudah aku sebutkan sebelumnya ya.

Nah, jadi walau #dirumahaja tetap harus rawat kendaraan kalian ya teman-teman supaya awet dan dalam kondisi yang prima. Jadi, ketika digunakan nanti sesuai harapan dan tidak menyusahkan kalian nantinya. Bagi kalian pelanggan Mitsubishi juga dapat menggunakan layanan yang disediakan untuk mempermudah aktivitas kalian. Layanan home service, Vehicle Pick Up, service booking, Mitsubishi Quick Pit (MQP), dan layanan lainnya dapat menjadi pilihan sesuai kebutuhan kalian.
Demikian postingan kali ini, semoga kendaraan kalian tetap awet agar tidak menjadi beban bagi pengeluaran kalian. Kita sama-sama berharap agar pandemi ini segera berlalu agar dapat beraktivitas dengan nyaman dan aman. Semangat dan jaga kesehatan ya semuanya!
Referensi
[1] Mitsubishi Motors, “Cek Sendiri Kondisi Mobil saat Lama Diam di Garasi, Ini Tipsnya,” 2020. [Online]. Tersedia pada: https://www.mitsubishi-motors.co.id/category/news-id/cek-sendiri-kondisi-mobil-saat-lama-diam-di-garasi-ini-tipsnya. [Accessed: 07-Jun-2020].
[2] Otosia, “Yuk Kenali Kerusakan Mesin Kendaraan dari Warna Asap Knalpot,” 2020. [Online]. Tersedia pada: https://www.otosia.com/berita/yuk-kenali-kerusakan-mesin-kendaraan-dari-warna-asap-knalpot.html. [Accessed: 07-Jun-2020].
[3] Mitsubishi Motors, “#Dirumahaja dan Manfaatkan Layanan Home Service Mitsubishi Motors,” 2020. [Online]. Tersedia pada: https://www.mitsubishi-motors.co.id/category/news-id/dirumahaja-dan-manfaatkan-layanan-home-service-mitsubishi-motors. [Accessed: 06-Jun-2020].
[4] Mitsubishi Motors, “MMKSI Utamakan Kenyamanan Pelanggan dengan Perpanjangan Masa Garansi dan Free Service Kendaraan,” 2020. [Online]. Tersedia pada: https://www.mitsubishi-motors.co.id/siaran-pers/mmksi-utamakan-kenyamanan-pelanggan-dengan-perpanjangan-masa-garansi-dan-free-service-kendaraan. [Accessed: 07-Jun-2020].
[5] Mitsubishi Motors, “Mitsubishi Sediakan Layanan 24 Hours Emergency Service untuk Konsumen Terdampak Banjir,” 2020. [Online]. Tersedia pada: https://www.mitsubishi-motors.co.id/siaran-pers/mitsubishi-sediakan-layanan-24-hours-emergency-service-untuk-konsumen-terdampak-banjir. [Accessed: 06-Jun-2020].
Sumber Gambar:
Mitsubishi Motors
Gambar Aki – GridOto
Gambar Pelumas Mobil – Medcom.id
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis blog DBP Academy x Tempo Blogger Writing Competition