Pengalaman Seleksi Global Leader Program Shopee – JobHunter Eps.2

by | Aug 13, 2019 | #KokoFYI, Inside | 26 comments

Hai sobat kokosten! Apa kabar nih? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini aku mau kasih pengalamanku waktu daftar pekerjaan untuk posisi GLP (Global Leader Program) Shopee Indonesia. Gimana ya rasa dan proses perjuangannya? Yuk simak terus ya..

Shopee adalah salah satu e-commerce terbesar yang ada di Indonesia. Siapa sih yang ga tau? Apalagi sering banget buat promo gratis ongkir dan ngadain event besar-besaran. Bahkan tugas akhirku juga menganalisis UI/UX yang ada di tiap e-commerce, salah satunya Shopee.

Berangkat dari ketertarikan dan kondisi sudah lulus kuliah, akupun coba mendaftar Shopee. Saat itu posisi yang dibuka adalah Global Leader Program yang aku ketahui infonya dari Linkedin.

Tahap Seleksi GLP Shopee

1 November 2018

Round GLP Shopee 1A

Tuing! Ada pemberitahuan email masuk dari Shopee. Pertanda tes tahap pertama siap dimulai. Aku mendapatkan email yang berisi deadline pengerjaan tes dan tipe assessment yang diberikan. Untuk tes pertama ini (Round 1A), tipe tes nya adalah GMAT data sufficiency, Numerical Math, dan Logical Reasoning. Deadline pengerjaan adalah 4 November 2019. Jadi, ketika aku siap, tesnya segera aku selesaikan supaya gak lupa.

5 November 2018

Round GLP Shopee 1B

Shopee mengirimkan email kembali! Aku dinyatakan lolos untuk tes 1A dan berlanjut ke tes 1B. Round 1B ini berupa tes psychological dan bertempat di kantor Shopee yang berada di Pacific Century Place Lt.26 SCBD, Lot 10, Jalan Jend. Sudirman, Jakarta.

Aku mengira tes nya bakalan tes psikotes yang biasanya, seperti: gambar pohon, orang, numerik, verbal, bangun ruang, dan tes standar seperti biasanya. Soalnya tes berlangsung 2,5 jam sesuai durasi yang tertera di undangan.

8 November 2018

Hari tes pun tiba. Malamnya aku menginap di Airy Room terdekat dari kantor Shopee supaya ga buru-buru dan bisa manajemen waktu dengan baik. Setibanya disana, buset! Gedung Pacific Place besar banget. Baru pertama kalinya masuk gedung yang sebesar ini. Maklum, dulu waktu di Surabaya cuma pernah masuk Graha Pena doang, hehe ^^V

Sudah banyak peserta yang menunggu disana. Kami ditempatkan di ruangan yang memuat 20-30 orang. Ada 2 orang yang memandu jalannya tes, semuanya dari pihak Shopee. Jeng jengg!!! Ternyata tesnya adalah tes hitungan koran atau Pauli. Tidak seperti gambaran awal dan harapan jauh-jauh ke Jakarta dari Surabaya.

“Oh, mungkin setelah ini ada lanjutannya”, aku berkata dalam hati dan tetap positive thinking.

Akupun mengerjakan tes Pauli dengan serius. Tes Pauli ini mirip dengan Kraeplin tapi beda cara pengerjaannya. Kalau Kraeplin, kita menghitung dari bawah ke atas dan ketika ada aba-aba “pindah” harus menjumlahkan kolom berikutnya. Sedangkan Pauli dikerjakan dari atas ke bawah, dan bila ada aba-aba “garis” harus menggaris posisi dimana kita sedang menjumlahkan dan melanjutkan penjumlahan di jalur yang sama.

Selang beberapa waktu, ada yang sudah membalik perhitungan di halaman belakang dan aku masih berkutat di halaman depan. Bahkan tak lama kemudian, juga ada yang meminta lembaran baru padahal aku baru saja memasuki halaman yang dibelakang. Benar-benar pengalaman berharga buatku. Inilah kompetisi sesungguhnya!

Seusai tes, kami diminta meninggalkan ruangan dan diberi tahu kalau ada snack dan minuman di depan. Tidak ada tes lanjutan di hari itu. Jadi aku ke Jakarta cuma buat tes Pauli doang. Entah ini kebodohanku atau emang jalan rejeki, syukuri saja. Toh aku dibuka matanya kalau persaingan di dunia pencarian kerja seperti ini juga.

Pengalaman GLP Shopee (3)

Pengalaman GLP Shopee (4)

Pengalaman GLP Shopee (2)

Btw di depan ruang tes sudah disediakan milo, air mineral, dan berbagai jajanan. Yummy! Peserta lain juga mengambil jajanannya dan juga ada yang bawa pulang. Mereka rata-rata dari Jakarta, Bogor, dan Bandung. Akupun juga akhirnya ambil dan bungkus jajan untuk segera memburu tiket kereta terdekat. Iya, langsung pulang! Soalnya gaada agenda apa-apa lagi di Jakarta dan gatau mau ngapain.

 

19 November 2018

Ada email masuk. Isinya teks semua. Alamat tidak diterima kalo gini sih. Semoga di kesempatan lain bisa merasakan kerja di Shopee ataupun start up lain. Terima kasih juga pengalamannya. Pertanda aku harus membenahi diri dan belajar lebih giat. Semangat !!

Penolakan

Postingan ini dibuat untuk berbagi informasi untuk teman-teman yang mencari kerja. Kalau ada kata-kata yang kurang sopan, aku minta maaf ya. Semoga Shopee juga lebih mempertimbangkan kelayakan mengundang peserta tes kalau jauh-jauh ke Jakarta hanya tes Pauli, layak atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

#1 Selamat Datang

Halo! Selamat datang di blog Kokosten. Semoga info di blog ini dapat membantu kalian semua ya! Jangan lupa komentar di postnya kalau ada kritik atau saran maupun pertanyaan. Feel free to ask me!

#4 Bahasan Kokosten