Gak Ribet! Cara Mudah Kirim Uang Dalam Negeri Tanpa ATM

Keliling wisata Indonesia adalah impian banyak orang. Alih-alih ingin menikmati liburan, eh malah terbentuk rencana yang gak terduga sebelumnya. Jangan sampai perjalanan kalian terganggu karena uang cash yang dibawa kurang. Penasaran gimana menghadapi kondisi tersebut? yuk simak tips dari Kokosten...

Halo teman! Kembali lagi bersama Kokosten yang kali ini akan berbagi informasi mengenai pengalaman traveling ke beberapa daerah di Indonesia. Aku bakalan kasih tips bagaimana merencanakan liburan yang matang supaya mempermudah kalian. Penasaran? Yuk simak tipsnya..

Indonesia adalah negeri yang terkenal dengan wisatanya yang eksotis. Banyak wisata tersembunyi yang jarang banget orang tahu. Indahnya wisata Indonesia ini menarik wisatawan mancanegara dan domestik, salah satunya adalah aku. Hobiku adalah traveling dengan cara yang berbeda. Berbeda gimana nih? Aku emang suka mencoba suasana baru dan gak mainstream. Kokosten lebih suka berkunjung di tempat yang tidak terjamah sebelumnya dan memang aku penasaran.

Menikmati indahnya Kalibiru, Kulon Progo

Pemandangan dari Telaga Warna, Dieng

Menjelajah Bukit Sekipan, Jawa Tengah

Pernah gak sih lihat berita, wisatawan asing yang ke Indonesia kehabisan ongkos? Naasnya bisa di deportasi karena ditemukan petugas jadi gelandangan di lokasi wisata. Apa kalian mau jadi salah satu dari mereka? Semoga enggak ya. Menjadi traveler hendaknya direncanakan dengan matang dan tidak nekat. Walau konsep traveling yang kalian bawa adalah backpacker, namun jangan sampai jadi begpacker. Bisa-bisa ditangkap petugas karena dikira mengganggu ketertiban umum karena masalah finansial. Duh, jangan sampai gitu yaa..

Backpacker ≠ Begpacker

Nah, untuk mempersiapkan jalan-jalan kalian juga perlu mempersiapkan hal-hal sebagai berikut agar bisa menikmati waktu liburan kalian:

Travel plan atau itinerary

Travel plan/itinerary juga dikenal sebagai rencana perjalanan. Pada tahap pertama ini kalian sudah harus menetapkan target kemana kalian ingin berlibur. Rencana perjalanan akan memuat tanggal berapa kalian akan berangkat dan lokasi mana yang kalian kunjungi. Semakin rinci rencana perjalanan, maka semakin mudah pula kalian melakukan perjalanan di hari H. Riset lokasi tujuan mulai dari jam buka-tutup, biaya masuk, dan durasi akan membuat rencana berjalan mulus.

Namun ingat juga kalian perlu mempersiapkan plan B apabila lokasi yang kalian tuju sedang tutup ataupun hal tak terduga seperti cuaca. Jadi benar-benar pastikan lokasi yang kalian tuju tetap buka pada saat kalian berkunjung. Mengetahui cuaca juga akan membuat kalian nyaman dengan pemilihan pakaian yang tepat.

Akomodasi

Akomodasi, biasa dikenal tempat penginapan dan menetap. Kalau kalian memang suka backpacker-an, biasanya berusaha untuk low budget selama di destinasi tujuan. Losmen atau homestay bisa jadi pilihan ketika ingin mengirit pengeluaran di lokasi. Pandangan backpacker adalah “hanya numpang tidur” ketika di penginapan, jadi tak perlu memilih yang mahal-mahal.

Tapi kalau kalian suka kenyamanan selama di destinasi tujuan, hotel bisa jadi pilihan kalian. Tentu harga bermalam di hotel lebih mahal dibandingkan losmen/homestay. Jadi pikirkan kembali, kira-kira kalian ingin tidur dengan nyaman namun agak mahal atau hanya numpang tidur dan gak perlu mahal-mahal ketika memilih penginapan.

Jauh tidaknya akomodasi dari destinasi wisata juga mempengaruhi biaya transportasi. Biaya akan dibahas di bagian budget.

Budget

Budget atau anggaran biaya juga perlu jadi perhatian utama. Bagi karyawan kaya aku, gak pengen dong gara-gara liburan malah jadi tekor. Anggaran perlu disusun dengan rinci berdasarkan itinerary dan juga akomodasi yang dipilih. Biasanya aku memilih tempat wisata yang anti mainstream supaya memori ketika berkunjung selalu teringat. Selain itu, untuk penginapan aku pilih dengan low budget tapi dengan standar kenyamanan yang bisa ditolerir. Kalau kokosten biasanya agak kalap waktu bagian makan sih, soalnya suka banget kuliner ^^v

Jadi, aku selalu membatasi pengeluaran di bagian anggaran sekali makan. Gak cuma itu, transportasi juga biasanya membengkak apalagi kalau pakai taksi. Jadi biasakan pakai transportasi umum ya supaya lebih hemat.

Gak cuma jalan-jalan di dalam negeri aja, ketiga tips diatas bisa dipakai juga untuk mempersiapkan perjalanan keliling dunia ataupun pulang kampung sekalipun. Ketiga hal diatas memang mempengaruhi satu sama lain. Apabila rencana perjalanan makin lama, akomodasi makin perlu dipikirkan, dan pasti budget yang disiapkan juga makin banyak.

Lalu gimana kalau budgetnya udah MEPET BANGET tapi rencana perjalanan berhari-hari kedepan? Mau ke bank atau ATM tapi gak ketemu nih..

Ada dua pilihan, mempercepat jadwal perjalanan dengan mengorbankan keasyikan disana atau tetap di rencana perjalanan tersebut dengan menikmati keindahan wisata tujuan. Kalau tetap menjalani plan utama, pastinya butuh bantuan orang rumah untuk mengirimkan uang ke rekening yang kita bawa. Ribetnya lagi kalau orang rumah gak tau caranya ataupun pas hari libur sehingga bank tutup. Duh, bingung…

Tenang dulu. Era modern seperti masa ini semuanya bisa makin mudah. Berbagai pihak mulai mengakomodir kebutuhan wisatawan dengan case mendadak seperti itu, salah satunya adalah TrueMoney. Truemoney adalah penyedia layanan pembayaran elektronik dan pengiriman uang yang sudah berlisensi oleh Bank Indonesia.

Cuma dengan modal gadget dan internet saja, kalian bisa menggunakan aplikasi TrueMoney untuk mengirim uang ke dalam maupun luar negeri tanpa ATM ataupun ke bank langsung. Hebatnya lagi, sistemnya dijamin aman karena ada sistem keamanan khusus dan akan diverifikasi menggunakan PIN.

Dengan terobosan dari TrueMoney, kalian bisa menghemat waktu supaya gak jauh-jauh ke bank untuk transfer. Bisa lebih mudah dan praktis deh! Misalnya ada sanak saudara di negeri jiran, bisa sekalian dikirimin uang ataupun transaksi dengan mudah dengan bantuan TrueMoney.

Mau minta tolong orang rumah, tapi mereka gak punya rekening bank. Mau minta temen, eh sungkan banget… Terus gimana ya??

Hanya dengan KTP/SIM dan nomor telepon pengirim dan penerima, kita sudah bisa melakukan proses pengiriman uang melalui Alfamart dan Alfamidi. Tinggal berikan kartu identitas yang berlaku untuk verifikasi, isi formulir, dan bayar biaya administrasi.

Jadi kita gak perlu ke buatin orang rumah rekening bank dulu. Nanti setelah isi formulir di Alfamart maupun Alfamidi, kita bakalan dapat struk bukti transaksi dan kode MTCN yang bisa digunakan penerima untuk mencairkan dana tersebut.

Biayanya berapa nih?

  • Rp 20.000 – Rp.1.000.000 = Rp 15.000
  • Rp. 1.000.001 – Rp. 5.000.000 = Rp 25.000

Biaya pengiriman uang tersebut akan ditanggung oleh pengirim. Jadi penerima tinggal menerima uang bersihnya saja dan tidak membayar biaya pengambilan uang. Mantep gak tuh?

Wah semudah itukah, Sten?

Iyadong. Apalagi kalo ditempat tujuan emang susah banget ditemuin ATM dipinggir jalan. Tapi kalo Alfamart maupun Alfamidi pasti ada. Naasnya lagi kalo emang lupa bawa kartu ATM, terus ada ATM pun tetep gak bisa ambil uangnya kan?

Bisa kirim uang buat orang tua juga di kampung halaman juga loh. Gak perlu kena biaya administrasi bulanan dari bank juga deh. Resiko hilang kartu ATM kecil, apalagi buku tabungan dimakan rayap..

Dengan TrueMoney kalian tetep mengirim uang tanpa ATM dan bank. Mudah banget kan?

Buat lebih jelasnya, kalian bisa lihat panduan dan cara mudah kirim uang tanpa ke bank melalui TrueMoney via Alfamart/Alfamidi.

Pegawai Alfamart/Alfamidi akan memandu kalian untuk mengisi formulir dan memverifikasi identitas penerima agar gak salah tujuan.

Kode MTCN juga unik. Jadi gak bakalan diketahui orang lain.

Alfamart/Alfamidi juga lebih dekat di masyarakat dan gak perlu jauh-jauh ke bank/ATM ataupun kantor pos. Cukup jalan kaki saja…

LEBIH AMAN, REAL TIME, dan CEPAT!!

  • Persentase Alasan “Jarak” membuat masyarakat enggan membuka rekening bank 33% 33%

Kokosten pun mencoba untuk install TrueMoney yang bisa didapatkan di Google Playstore. Ternyata aplikasinya sederhana dan tidak membingungkan. Cocok untuk siapa saja karena mempunyai User Interface dan User Experience yang menarik.

Ada tiga hal kenapa harus pakai TrueMoney: Transaksinya cepat dan realtime. Kalian juga bisa cek mutasi keluar dan masuk juga. Bahkan dilindungi oleh sistem keamanan yang mutakhir karena ada PIN. Bisa juga menggunakan sidik jadi apabila gawai kalian mendukung fitur tersebut.

 

Sudah dong, TrueMoney sudah mempunyai izin dan lisensi yang diterbitkan resmi dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara uang elektronik dan remitansi.

Sertifikasi E-Money Bank Indonesia

No: 16/129/DKSP

Sertifikasi Remittance Bank Indonesia

No:16/152/DKSP/58

Terus TrueMoney bisa apalagi Sten?

Wah jangan ditanya nih.. TrueMoney bisa membantu kalian untuk menjalani kehidupan sehari-hari biar lebih praktis, efektif, dan efisien.

PENGIRIMAN UANG

Tanpa ATM dan Bank, bisa kirim uang ke dalam maupun luar negeri

PEMBAYARAN

Bisa bayar PLN Pascabayar, BPJS, Telepon Rumah, PDAM, Telkom Vision, Telkom Speedy, dan pembayaran cicilan kredit.

PEMBELIAN

Bisa beli voucher untuk isi ulang pulsa semua operator, jual Paket Data Internet, Token Listrik, dan Voucher Games

Wah banyak juga yaa.. Kalau Pengiriman uang ke Luar Negeri Gimana Caranya Sten?

Kirim uang ke luar negeri juga dibutuhkan oleh beberapa masyarakat Indonesia loh. Misalnya ada sanak saudara yang ada di luar negeri dan butuh kiriman uang. Biasanya beberapa agen tenaga kerja Indonesia, membukakan rekening di negara tujuan agar lebih mudah dalam segi administrasi. Walau bank beda negara, kita bisa mengirimkan uang lewat aplikasi TrueMoney. Ini dia cara mudah kirim uang ke luar negeri:

Langkah pertama adalah masuk ke TrueMoney Apps dan pilih menu transfer. Tujuan bank nya ada di luar negeri, maka kita pilih “Kirim Uang ke Luar Negeri”

Langkah kedua, pilih negara tujuan dan bank nya. Lalu isikan data pribadi yang diminta.

Langkah ketiga, isikan jumlah uang yang dikirim ke rekening tujuan. Pastikan tanya dulu mau dikirim berapa ya. Supaya tidak salah dalam menulis nominal uang.

Langkah keempat, klik lanjut/next untuk ke tahap berikutnya.

Langkah kelima, pastikan data dan nominal yang diisikan sudah benar. Double check ya teman! Supaya tidak salah tujuan dan segera dipakai oleh sanak suadara disana..

Langkah keenam, transaksi segera diproses!

 

Lalu berapa lama prosesnya?

Transfer Uang ke Rekening Bank
Singapore : Hari yang sama
Malaysia : Hari berikutnya – Jika kalian kirim uang sebelum 11am.
Philippine : Hari yang sama – Jika kalian kirim uang sebelum 9am.
Nigeria : Real time

Cash Pick Up (Diterima dalam bentuk cash di luar negeri)
Philippine & Ivory Coast: Real Time, dapat ambil cash di lokasi agen TrueMoney di lokasi tujuan.

Uang Elektronik
Nigeria & Philippine: Real Time.

Demikian postingan artikel kali ini spesial tips untuk kalian. Dengan TrueMoney kita bisa merdeka kirim uang karena bisa lebih mudah mengirim uang tanpa bank dan ATM. Transfer uang ke luar dan dalam negeri pun kian praktis. Aplikasi TrueMoney juga mendukung pembayaran dan pembelian yang mempermudah kita dalam sentuhan jari di satu aplikasi saja. PRAKTIS!! So, stay positive and keep traveling! Sampai jumpa di postingan berikutnya.. Babaii~~

Artikel ini diikutikan dalam Merdeka Kirim Uang Blog Competition yang diselenggarakan oleh True Money Indonesia dan Tau Dari Blogger.

Semua desain dibuat oleh Kokosten sendiri dan juga bersumber dari website True Money Indonesia. Dukung Kokosten menjadi juara ya!!

Postingan ini sudah dibagikan melalui media sosial kokosten, di Facebook, twitter, dan Instagram pribadi Kokosten. Semangat dan sukses selalu!!

Yuk berikan pendapatmu tentang True Money Indonesia di kolom komentar dibawah ^^

Yuk cari tahu lebih lanjut tentang TrueMoney Indonesia

Website: https://www.truemoney.co.id/

Fanspage FB: TrueMoneyID

Twitter: @truemoneyid

Instagram: @truemoneyid

Youtube: TrueMoney Indonesia

Lomba Blog truemoney

Lomba Blog Truemoney